Curhat Tentang LINUX UBUNTU 8.10

Diposting oleh FAIDINZ | 01.00 | | 0 komentar »

Hi guys, saya mo curhat nih, Komputer saya punya OS Linux n XP tapi yang linux saya belum ngerti ngoperasiinnya, lama’ buanget saya mikir..gimanasih ngoperasiinnya..ampe akhirnyasaya ke blog brantakan ini.. sebelumnya juga saya berfikir “ punya blog ko g dimanfaatin buat curhat “ bodoh buanget sih!”” he..he2x…
Oh ia isi curhat saya gine.. dah dari dulu saya pengen punya OS dual-boot ceritanya antara LINUX ama XP,tapi gara gara penyakit yang namanya ntar ah, besok ah, lusa aja, dst… ampe awal bulan tahun 2009 ini baru nyoba’, setelah dengar linux ubuntu 8.10 yang katanya ok dech ntuh!…, Saya termasuk orang yang amat sangat newbie, seperti bayi yang baru lahir yang kagak tau ape2 masalah hidup, itulah saya yang dikitpun gak tau apa2 masalah LINUX (blank). Kaciaaan deh gue…!!kolot bangetsih…,but wes ora ape2 itukan just language saja, hik…hik2…duuuh bahasanya aneh!!
Lanjut yah,, semangat 45 saya buat punya dual-boot nih kagak nahaaan…langsung saja saya pengen nyari’ tuh CD/DVD Ubuntu 8.10 ke rental.. tapi saat ntuh kebetulan ada sobat saya yang sama bodohnya masalah linux..katanya dia sempat liat tabloid PC PLUS edisi 06-19 jan 2009 yang ada bonus CD UBUNTU 8.10 tu.., langsung saja saya cabut buat nyuri tabloidnya PC PLUS edisi 06-19 jan 2009 tu pake keyword “beli pake duit”… dah dapet CD OS-nya, tanpa pikir panjang, tanpa pengetahuan, modal cuma bisa baca ma enter kiri kanan “ so’ tau “… langsung saya praktekkin instalasi unbuntu-nya :
Berikut cara instalasi Linux yang saya lakuin…
1. Setting Boot biasa sama saja kayak setting buat boot instalasi XP – masuk ke Bios buat atur boot-nya ke CD..
2. stelah proses boot akan keluar tampilan yang isinya :
  • Start or Install Ubuntu
  • Start Ubuntu Ubuntu in Safe graphics Mode
  • Install With Driver Ubdate CD
  • Check CD for Defects
  • Memori Test
  • Boot from first Hard disk
    Saya milih yang ada tulisan star or install ubuntunya
    3. Pilih bahasa..pilihan gampang biar ngerti, saya pilih bahasa kita
    4. Keluar tampilan Ubuntu Installer main menu seterusnya Choose language,enter-enter dan enter yang saya ngerti, kalau anda coba’ pasti deh ngerti soalnya gampang .. kagak tau hasilnya..

    Ampe ne pengaturan pastisi harddisk..nah disini yang ngebingungin saya…,saya so’ pintar saja dulu yah soalnya yang bagian ni saya ulang format harddisk ke 7 kalinya baru ngerti, abiss gak ada yang ngajarinsih...
    5. Pembagian Harddisik yang saya lakuin :
    saya punya HD miskin ukuran 40 GB, saya partisi jadi 4 bagian, partisinya sebagai berikut :
    Partisi 1 : 10 GB (partisi sistem milik Windows XP, format NTFS)
    Partisi 2 : 5 GB (partisi yang akan digunakan OS Linux, format fat32)
    Partisi 3 : 10 GB (format NTFS)
    Partisi 4 : 15 GB (format NTFS)
    Step yang saya kerjain :
  • pada tampilan parisi Harddisk ada beberapa pilihan disitu .. saya dah lupa pilihan pilihannya tapi yang saya ingat ada pilihan partisi manual juga nah yang saya pilh yang manual itu..
  • pilih manual, keluar tampilan pilihan lagi, yaitu isi dari 4 partisi saya diatas dan saya enter partisi yang 5 GB FAT32, lagi2 muncul pilihan..
  • Pada pilihan partisi itu.. saya delete partisi 5 GB FAT32, kemudian saya create partisi baru dan membaginya jadi 2 partisi lagi untuk Sistem berkasnya linux dan untuk ruang swap, yang besar ukuran sistemnya 4.50 GB sedangkan swap 500 MB.
  • Adapun pilihan format systemnya linux yang baru saya kenal seperti EXT3/EXT2/ReiserFS/JFS/XFS dll.. nah untuk partisi system linux 4.50 GB saya pilih system berkas yang EXT3 yang katanya sih dari majalah linux system yang paling bagus, tapi untuk semuanya sama saja katanya(pilih salah satu saja).
  • kemudian saya setting titik kaitnya/Rootnya saya pilih urutan pertama yaitu slash”/” untuk system EXT3 dan swap keliatan dah otomatis g da plihan apa2
  • trus asal lanjut aja ampe kurang lebih ke penginstallan bootloader pada MBR.
  • …. Setting ini setting itu saya gak ngerti..
  • Dan seterusnya ampe selesai….restart keluar tampilan pilihan BOOT…kiranya pilihan bootnya Cuma Dua eh ternyata ada Lima pilihan Boot..dibawah..


  • Salah or benarnya cara di atas mohon koreksi…(help)!!

    Info saja .. komputer saya dah ada Boot XP, Linux, dll… ampe sekarang dah 7X saya instal Ulang Ubuntu ..gara gara kebanyakan jelajah n asal masukkin source.. akibatnya tampilan berantakan mulu’… abisss.. pengen mutar mp3 gak bisa, buka MHT, RAR, dll… waduuuuh pliss dech….

    Bagi para master linux, yang dah mahir, bapak ibu, Om tante, abang, kakak, adek, skalian tolongin dong.. saudara mu nich, bantuin gimanasih biar bisa buka/baca hal2 seperti diatas… skalian cara offline-nya install program/aplikasinya yah.., bener bener deh saya pengen belajar linux yang detil yo… neh mail saya = mailbox.nita@gmail.com =
    Thanks… skali lagi help…me…

    Sekian semoga berguna!!…. Opss!!…maap.. salah, maksudnya semoga ada yang mo nolongin… saya…

    Posting Komentar